Thursday, September 14, 2017

Secuil Kisah Indahnya Alam Indonesia di Tangkahan, Kab. Langkat Sumatera Utara

Hello teman - teman semuanya apa kabarnya kalian... semoga kalian sehat - sehat selalu yaaa Amiin. Udah jarang banget gue menulis karena saking sibuknya dengan urusan pekerjaan. Nah di tulisan ini gue mau menceritakan tentang keindahan salah satu objek wisata yang sangat termasyur di Sumatera Utara yaitu Tangkahan. sebagian orang mungkin sudah pada mengenal objek wisata ini. namun banyak yang belum menyadari bahwasanya banyak spot- spot asyik disana. salah satunya air terjun mini di kawasan hutan tangkahan.
Perjalanan ke Tangkahan memang penuh tantangan karena jalanan yang gue lalui kemarin sangat rusak serta banyak lubang. namun itu tidak menyurutkan kami sekeluarga untuk mengunjunginya. kami berangkat naik mobil dari Binjai dengan kisaran waktu tempuh selama 5 jam. karena jalanan nya juga tidak mendukung untuk kami lalui dengan kecepatan normal.

Oiya gue pergi dengan om loh dia dari Jakarta karena memang setiap tahun beliau pulang kemari untuk menikmati libur tahun baru di kampung halaman. selama dalam perjalanan kami banyak bercanda ria untuk menghilangkan kebosanan di mobil dan kami kesana dengan 2 mobil. karena yang ikut banyak kebetulan juga hari libur tahun baru.
Setelah sekian lama mengukur jalan hahahaha... maksudnya menikmati perjalanan di dalam mobil kami semuanya tiba di Tangkahan. yeayyy betapa girangnya gue ketika sudah sampai kesana. maklum kami semuanya baru pertama sekali menikmati Tangkahan ini. jadinya sedikit ndeso lah hahahaha... kami tiba siang sekitar jam 2an setelah itu kami mencari tempat penginapan murah untuk beristirahat serta melepas lelah.
Penginapan di Tangkahan relatif murah karena dia cuma berbentuk rumah cuma ada kasur serta alat-alat mandi dan tidak dilengkapi dengan wifi. setelah mendapatkan guest room kami semuanya akhirnya makan siang bersama sambil menikmati view di depan kami hutan tangkahan yang sangat eksotis serta semilir angin sepoy-sepoy yang bikin suasana siang itu bukannya panas malah sejuk.

Suasana ketika berada di
penginapan Tangkahan

Memang ekosistem di Tangkahan sampai saat ini masih terjaga kelestariannya karena memang ini merupakan bagian dari paru paru dunia. dan termasuk wilayah Taman Nasional Gunung Leuser. banyak juga burung bersileweran kesana kemari serta ada juga sebagian orang utan yang bermain main diatas rimbunnya hutan Tangkahan.
Sore hari nya setelah makan siang dan tidur sejenak karena masih pada letih akibat perjalanan yang panjang kami menyeburkan diri ke sungai yang airnya masih sangat jernih. walaupun airnya jernih namun dinginnya sungguh bikin tubuh gemetaran hahahaha.... namun itu tidak mematahkan semangat gue untuk menikmati sore yang indah sambil bercengkrama dengan alam. menikmati pohon - pohon yang tinggi menjulang itu merupakan suatu mukjijat tersendiri bagi gue yang terbiasa hidup di kota.
Om gue, tante, sepupu semuanya merasakan kesenangan yang sama karena memang perjalanan ini sungguh Awesome bagi mereka apalagi bagi om gue yang lama tinggal di Jakarta ini merupakan suatu pengalaman yang indah. kami bermain air dengan menyewa ban sehingga menambah keseruan yang ada.

Keseruan bermain Air dengan menyewa ban

Asyik bermain ga terasa matahari sudah mau tenggelam akhirnya kami semua menyelesaikan rutinitas bermain air kami semua untuk melaksanakan ibadah maghrib di surau tidak jauh dari penginapan kami. menikmati malam di Tangkahan sungguh bikin hati berkesan. banyak dari mereka warga sekitaran Tangkahan menghabiskan malam dengan bermain gitar. malam semakin larut kami semua kembali ke penginapan untuk istirahat dan tidur. karena besok kami akan menelusuri sungai - sungai di Tangkahan dengan ban bersama pemandu.

DAY 2
Matahari kembali ke aktifitasnya untuk menerangi bumi
Sebelumnya kami punya rencana untuk memandikan gajah yang ada di Tangkahan karena disini juga tempat pelestarian gajah namun karena keburu siang kami terlambat untuk memandikannya karena waktu pemandian gajah itu seharusnya pagi. apa boleh dikata nasi sudah jadi bubur kami tetap enjoy untuk menikmati hari kedua dengan semangat. Jam 1 siang kami bersiap untuk menelusuri sungai yang ada di Tangkahan dengan ban. perjalanan akan memakan waktu sekitar sejam untuk menelusuri sungai dan tiba di air terjun yang keren di Tangkahan.
Menelusuri sungai dengan ban ini merupakan tantangan tersendiri bagi kami semua karena kita akan menghadapi ombak - ombak di sungai Tangkahan. yang relatif cukup membuat spot jantung hahahahah... kanan kiri kami hanya hutan yang lebat sebagai view nya sungguh eksotis apalagi banyak orang utan bergelantungan diatas pohon. sehingga kami seperti berada di dunia lain bukan di bumi hahahaha...

Udara yang segar menambah asyiknya perjalanan ini. suara burung yang saling bersahutan menambah nikmatnya alam Tangkahan, seolah olah mereka menyambut kami dengan hangat. Tanpa terasa akhirnya kami tiba di air terjunnya yang siap menyambut kami semua dengan hangat. air terjun nya sungguh keren karena tersembunyi dibalik hutan. namun airnya itu loh dingin sekali hahahaha... tetap saja itu harus dilawan karena kami semua bergembira. semua pada sibuk berfoto dan mengabadikannya. karena ini juga merupakan hari terakhir disini sebelum pulang keesokan paginya.
Ternyata ketika kami sampai disana banyak juga turis yang sedang liburan menikmati eksotisnya alam Tangkahan. air nya juga masih jernih dan terjaga sehingga membuat kami betah berlama lama disini. kami semua seperti anak - anak kembali sambil main air hahahaha ... maklumlah hidup di kota yang penuh problematika yang ada membuat kami meninggalkan rutinitas yang ada sejenak untuk bercengkrama dengan alam.
Asyik bermain air terjun akhirnya kami bersiap untuk kembali lagi ke penginapan dengan menggunakan ban karena hari sudah sore. takut hari semakin gelap. sungguh kenangan yang indah dan bersejarah bagi kami semua berada disini karena memang disini keseimbangan masih terjaga. hutan yang masih asri, burung- burung bersahutan, masyarakat yang ramah semua berbaur menjadi satu.

DAY 3
Matahari kembali lagi naik ke bumi untuk menyinari makhluk alam dengan hangatnya untuk menjadikan seluruh alam kembali terang.
Sebelum pulang ke Binjai kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke Penangkaran gajah yang tidak jauh dari penginapan kami. gajah - gajah disana dirawat sangat baik dan cukup menghibur kami yang akan kembali pulang dan melaksanakan rutinitas sehari - hari. tak lupa kami pun mengabadikan momen tersebut sambil berfoto bersama sama :) ini merupakan perjalanan yang indah bagi gue dan kami semuanya karena akhirnya kami bisa berkumpul semua walau pada sibuk masing- masing.
Semoga perjalanan saya ini dapat menjadi motivasi teman - teman untuk berkunjung kesana. jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan alam disekitar kita agar ekosistem nya dapat terjaga sampai ke anak cucu kita kelak. Terimakasih.

Berfoto dulu di tempat penangkaran gajah sebelum
kembali pulang bersama keluarga besar

Bagi teman - teman yang ingin pesan tiket pesawat atau mencari hotel murah bisa askes ke Tiket.com disana ada event dan atraksi juga loh. mana tau kalian bingung mau weekend atau liburan kemana :) ada menu sewa mobilnya juga loh ayo buruan akses websitenya.